Akibat Mengabaikan Aturan, RS Bethesda Diduga Cemari Lingkungan

By Redaksi 13 Feb 2018, 06:49:33 WIBKepulauan Nias

Akibat Mengabaikan Aturan, RS Bethesda Diduga Cemari Lingkungan

Keterangan Gambar : By Daus


Intipos.com | Nias - Diduga, Karena belum memiliki Dokumen Evaluasi Lingkungan Hidup (DELH) dan Dokumen Pengelolaan Lingkungan Hidup (DPLH) kuat dugaan RSU Bethesda Gunungsitoli membuang limbah padat/limbah B3 nya di sekitar tepi laut yg ada dibelakang RSU Bethesda, senin 12/02/2018.

sehingga diduga RS tersebut melanggar UUPPL Nomor 32 tahun 2009 pasal 109 setiap orang melakukan usaha dan/atau kegiatan tanpa memiliki Izin lingkungan sebagaimana dimaksud dalam pasal 36 ayat 1 dipidana dengan pidana penjara paling singkat 1 tahun dan paling lama 3 tahun dan denda paling sedikit 1 miliar dan paling banyak 3 miliar.

Salah seorang Tokoh masyarakat kepulauan nias Faigi Asa Bawamenewi SH, mengatakan,"Mendirikan rumah sakit harus memiliki Amdal, semua pembuangan dari rumah sakit, seperti sisa obat, operasi dll tidak boleh dibuang sembarang. Uji air yang ada di sekitarnya seperti bandar dll. Kata, Faigi Asa Bawamenewi SH.

Rumah sakit harus berada di tempat yang luas, festilasi udara harus cukup, sehingga udaranya sejuk. Terlepas dari ini dan itu, menurut saya Rumah sakit Bethesda yang terletak di tengah pemukiman dan tempat yang sempit, sangat tidak layak dan harus dicari tempat yang sejuk dan tidak justru menimbulkan penyakit, 
cetusnya faigi Asa Bawamenewi SH.

Diwaktu yg berbeda saat dikonfirmasi oleh media Intipos.com kepada sekretaris LSM FOBSIT Trisman Zebua mengatakan, Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) merupakan sebuah struktur yang dirancang untuk membuang limbah biologis dan kimiawi dari air sehingga memungkinkan air tersebut untuk digunakan pada aktivitas yang lain. IPAL merupakan salah satu fasilitas utama yang harus ada dan beroperasi dengan baik dengan efesiensi pengolahan yang harus baik pula. Tutur Trisman

Sedikit mengulas tentang IPAL, khususnya bagi sebuah rumah sakit, dapat dilihat dari Regulasi atau peraturan yang ada, yang diantaranya adalah Undang-undang 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, PP No.82/2001 tentang pengelolaan kualitas air dan pengendalian pencemaran air, UU 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit yaitu pada bagian ke empat pasal 11, Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. 58 Th 1995 tentang Baku Mutu Limbah Cair Bagi Kegiatan Rumah Sakit, Permenkes RI NOMOR 340/MENKES/PER/III/2010 tentang Klasifikasi Rumah Sakit, PP 18/1999 Tentang : Pengelolaan Limbah B3 dimana pada Pasal 3 berbunyi “Setiap orang yang melakukan usaha dan/ atau kegiatan yang menghasilkan limbah B3 dilarang membuang limbah yang dihasilkannya itu secara langsung ke dalam media lingkungan hidup tanpa pengelolaan terlebih dahulu. (Daus)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Yudi Pratama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Silahkan lakukan penilaian untuk informasi yang kami sajikan
  Sangat Baik
  Baik
  Cukup Baik
  Kurang
  Buruk

Komentar Terakhir

  • Sewa Mobil Surabaya

    Terima Kasih Berita yang unik dan bermanfaatnya ...

    View Article
  • Iq option

    With an intrigue just home loan, you just pay back the enthusiasm on the home loan ...

    View Article
  • olymptrade

    Once you've set up your corner, remain back around 20 feet and unbiasedly ...

    View Article
  • Sulistyo

    Cari yang halal tho. ...

    View Article