KPU Sumut Tetapkan 2 Paslon Gubsu, JR Dinyatakan Tidak Lulus

By Redaksi 12 Feb 2018, 18:03:26 WIBPolitik

KPU Sumut Tetapkan 2 Paslon Gubsu, JR Dinyatakan Tidak Lulus

Keterangan Gambar : JR Sitorus Menghadiri Rapat Pleno Terbuka KPU Sumut


Intipos.com | Medan - Rapat pleno penetapan calon gubernur dan wakil gubernur Sumatera Utara (Sumut) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut menetapkan dua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sumut.

Keputusan tersebut membuat kaget dan terdiam tim paslon JR Saragih-Ance Selian yang dinyatakan tidak lolos. Hanya dua paslon yang dinyatakan, yaitu Letjen (Purn) Edy Rahmayadi-Musa Rajeckshah (Ijeck) dan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus. 
 
Edy-Ijeck diusung oleh 6 parpol, yaitu PKS, Hanura, Golkar, PAN, Gerindra, dan NasDem dengan kekuatan 60 kursi DPRD Sumut. Sementara Djarot-Sihar diusung dua parpol, yaitu PDIP dan PPP dengan kekuatan 20 kursi DPRD Sumut. "KPU sudah menggelar rapat pleno terbuka untuk mengumumkan pasangan gubernur ada 2 paslon yang ditetapkan, yaitu Edi Rahmayadi berpasangan dengan Musa Rajeckshah dan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus," kata Ketua KPU Sumut Mulya Banurea dikutip dari detikcom di Grand Ballroom, Hotel Grand Mercure, Medan, Sumut, Senin (12/2/2018).
 
"Karena ada salah satu syarat calon gubernur yaitu legalisasi ijazah yang bersangkutan sehingga berdasarkan regulasi, sesuai aturan, yang bersangkutan tidak bisa ditetapkan pasangan calon karena tidak memenuhi syarat," kata Ketua KPU Sumut Mulya Banurea.

Tak diloloskannya JR Saragih- Ance Selian membuat Partai Demokrat meradang dan curiga ke KPU Sumut. "Bila benar yang dibuat sebagai alasan adalah legalisasi ijazah SMA, maka KPU harus dicurigai telah jadi kayu pemukul dari permainan kotor partai tertentu," kata Wasekjen Rachland Nashidik, Senin (12/2/2018). Rachland mengatakan, JR Saragih sudah dua periode menjadi Bupati Simalungun, Sumut. Menurut dia keputusan KPU melawan akal sehat. "Ia (JR Saragih, red) juga adalah lulusan Akademi Militer dan berbakti sebagai Prajurit TNI sebelum memutuskan mundur dan jadi pengusaha Rumah Sakit," ujar Rachland. "Bagaimana itu bisa bila JR Saragih tak punya ijazah SMA? Sungguh keputusan KPU ini melawan akal sehat," imbuhnya. (J.T AL-ADHA)


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Yudi Pratama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Silahkan lakukan penilaian untuk informasi yang kami sajikan
  Sangat Baik
  Baik
  Cukup Baik
  Kurang
  Buruk

Komentar Terakhir

  • Jimtum

    [url=https://tadalafil5.com/]tadalafil online[/url] ...

    View Article
  • Kimtum

    [url=https://cafergotmedication.com/]cafergot[/url] ...

    View Article
  • AltonSkady

    [url=http://dlaw-firm.com/index.php?option=com_k2&view ...

    View Article
  • Janetum

    [url=http://tadalafil5.com/]generic tadalafil 40 mg[/url] ...

    View Article