Situs Purbakala Peningalan Kerajaan Majapahit Di Temukan Warga Tegalombo Pacitan

By Redaksi 13 Feb 2018, 20:26:11 WIBSeni & Budaya

Situs Purbakala Peningalan Kerajaan Majapahit Di Temukan Warga Tegalombo Pacitan

Keterangan Gambar : By Tyo : Situs purbakala peninggalan kerajaan Majapait


Intipos.com | Pacitan - Kebesaran dan kejayaan Kerajaan Majapahit memang tersohor ke seantero negri ini bahkan sampai ke manca negara, Wilayah kerajaan yang meliputi Nusantara dan wilayah Asia menjadikan Majapahit kerajaan terbesar dengan masa kejayaan Patih Gajah Mada dengan Sumpah Palapanya. 

Dengan kejayaan tersebut banyak di daerah-daerah yang menjadi kekuasaan nya sering ditemukan benda-benda penigalan dari kerajaan tersebut.

Seperti halnya Warga Rt/Rw 01/1 Dusun Krajan Desa Ngreco, Kecamatan Tegalombo, Pacitan, digemparkan dengan penemuan arca purbakala dengan lukisan relief. Benda bersejarah itu ditemukan sejumlah warga, Selasa (13/2).

Joko Putro Utomo, Camat Tegalombo membenarkan adanya penemuan seonggok batu alam dengan ukiran relief bergambar layaknya pesinden oleh warga setempat. 

"Kami menduga benda tersebut benda bersejarah peningalan kerajaan yang berkuasa di masa nya dan benda tersebut yang kita lestarikan," jelasnya.

Lebih lanjut Camat tegalombo ini menjelaskan, dugaan sementara terhadap asal-usul benda tersebut nampaknya sedikit ada titik terang. Sebab kemarin komunitas penggemar benda purbakala dari Madiun menyempatkan diri melihat dan sekilas melakukan penelitian terhadap benda tersebut.

"Diduga benda tersebut peninggalan Kerajaan Majapahit. Sebab sebagaimana nama lokasi penemuannya, yaitu Desa Ngreco, disinyalir ada keterkaitannya dengan arca/patung. Artinya, dilokasi tersebut pada zaman dulu kala kemungkinan sempat dijadikan lokasi ritual untuk ngalap berkah. Utamanya para waranggono atau pesinden kerajaan," jelas mantan Camat Donorojo ini.

Joko berharap, benda tersebut benar memiliki nilai sejarah setelah nanti dilakukan penelitian ahli arkeologi dari Jogjakarta. Dan Kecamatan Tegalombo bisa dijadikan tujuan wisata, terutama yang bersentuhan dengan nilai-nilai sejarah zaman kerajaan dulu.

Karena itu, ia telah memerintahkan ke pemerintah desa setempat untuk menulis surat kepada bupati ikhwal penemuan benda berwujud batu dengan lukisan relief tersebut. 

"Batu bersejarah itu dengan tinggi 1,5 meter dan panjang 1,5 meter,Semoga dengan adanya situs purbakala tersebut bisa menarik wisatawan untuk berkunjung ke kecamatan yang berbatasan dengan Kabupaten Ponorogo ini," harapnya.

Saat ini batu yang kuat diduga sebagai petilasan era Kerajaan Majapahit tersebut masih menjadi tontonan warga. Bahkan tak jarang para pengendara yang melintas di Desa Ngreco menyempatkan diri berhenti sejenak untuk melihat benda unik tersebut. (tyo)


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Yudi Pratama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Silahkan lakukan penilaian untuk informasi yang kami sajikan
  Sangat Baik
  Baik
  Cukup Baik
  Kurang
  Buruk

Komentar Terakhir

  • Evatum

    [url=https://ventolin90.com/]ventolin[/url] ...

    View Article
  • Suetum

    [url=https://prednisone20.com/]prednisone 10[/url] [url=https://cialisq.com/]cialis[/url] ...

    View Article
  • Nicktum

    [url=https://lasix40.com/]lasix without a prescription[/url] ...

    View Article
  • Suetum

    [url=https://cialisq.com/]buy generic cialis online[/url] ...

    View Article