AKP Wahyu Madurasya : Banyak Pasal Akan Menjerat Ayah Yang Hamili Anak Tirinya

By Redaksi 20 Jul 2019, 07:45:58 WIBHukum

AKP Wahyu Madurasya : Banyak Pasal Akan Menjerat Ayah Yang Hamili Anak Tirinya

Keterangan Gambar : Kasatreskrim Polres Banyuasin AKP Wahyu Madurasya


Intipos.com | Banyuasin - Terkait kasus yang dapat menjerat Bayu Bekti yang tega menghamili anak tirinya hingga diketahui telah hamil 6 bulan setelah perkaranya dilaporkan di Mapolsek Talan Kelapa yang sedang viral diberbagai media sosial. 

Kasus yang menggegerkan masyarakat yang bermukim di Komplek Azhar Kelurahan Tanah Mas Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan ini saat dikonfirmasikan kepada Kasatreskrim Polres Banyuasin AKP Wahyu Madurasya, ini jawabanya Pasal 81 (1) "Setiap orang yang melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 76D dipidana dengan pidana penjara paling singkat 5 tahun dan paling lama 15 tahun dan denda paling banyak Rp 5 milyar". 

Dijelaskan Kasat pada ayat (2) bahwa Ketentuan pidana sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berlaku pula bagi setiap orang yang dengan sengaja melakukan tipu muslihat, serangkaian kebohongan, atau membujuk Anak melakukan persetubuhan dengannya atau dengan orang lain.

Sedangkan pada ayat (3) Dalam hal tindak pidana sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan oleh orang tua, wali, orang-orang yang mempunyai hubungan keluarga, pengasuh anak, pendidik, tenaga kependidikan, aparat yang menangani perlindungan anak, atau dilakukan oleh lebih dari satu orang secara bersama-sama, pidananya ditambah 1/3 (sepertiga) dari ancaman pidana dimaksud pada ayat (1).

Maka pada ayat (4) selain terhadap pelaku sebagaimana dimaksud pada ayat (3), penambahan 1/3 (sepertiga) dari ancaman pidana juga dikenakan kepada pelaku yang pernah dipidana karena melakukan tindak pidana sebagaimana dimaksud dalam Pasal 76D.

Selanjutnya terang Kasat, ayat (5) dalam hal tindak pidana sebagaimana dimaksud dalam Pasal 76D menimbulkan korban lebih dari 1 (satu) orang, mengakibatkan luka berat, gangguan jiwa, penyakit menular, terganggu atau hilangnya fungsi reproduksi, dan/atau korban meninggal dunia, pelaku dipidana mati, seumur hidup, atau pidana penjara paling singkat 10 tahun dan paling lama 20 tahun.

Untuk itu pada ayat (6) dijelaskan selain dikenai pidana sebagaimana dimaksud pada ayat (1), ayat (3), ayat (4), dan ayat (5), pelaku dapat dikenai pidana tambahan berupa pengumuman identitas pelaku.

Lebih jauh dikatakan Kasat pada ayat (7) terhadap pelaku sebagaimana dimaksud pada ayat (4) dan ayat (5) dapat dikenai tindakan berupa kebiri kimia dan pemasangan cip.

Pada ayat (8) ini tindakan sebagaimana dimaksud pada ayat (7) diputuskan bersama-sama dengan pidana pokok dengan memuat jangka waktu pelaksanaan tindakan dan pada ayat (9) tersebut merupakan Pidana tambahan dan tindakan dikecualikan bagi pelaku Anak, tutupnya. (waluyo)


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Yudi Pratama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Silahkan lakukan penilaian untuk informasi yang kami sajikan
  Sangat Baik
  Baik
  Cukup Baik
  Kurang
  Buruk

Komentar Terakhir

  • Larryrhick

    Helpful knowledge. Kudos! buy prescription drugs canada <a ...

    View Article
  • Ronaldsuelp

    Thank you, Awesome information! <a ...

    View Article
  • JosephAnymn

    Really quite a lot of great knowledge! canadian pharmacies shipping to usa ...

    View Article
  • Michaelbuh

    You stated that superbly. canadian meds <a ...

    View Article