Babinsa Jajaran Kodim 0801 Pacitan Dibekali Ilmu Teritorial

By Redaksi A 13 Feb 2020, 19:14:42 WIBPublik

Babinsa Jajaran Kodim 0801 Pacitan Dibekali Ilmu Teritorial

Keterangan Gambar : Komandan Kodim 0801 Pacitan Letkol Inf Nuri Wahyudi Saat Membuka Binsiap Apwil Dan Puanter Triwulan I tahun 2020


Intipos.com | Pacitan - Pemberdayaan wilayah pertahanan di darat yang direalisasikan melalui kegiatan pembinaan teritorial (Binter) harus didukung oleh kesiapan dan kemampuan sumber daya manusia dalam hal ini para prajurit yang mengawaki Binter.

Demikian disampaikan Dandim 0801 Pacitan Letkol Inf Nuri Wahyudi saat membuka kegiatan Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial (Binsiap Apwil dan Puanter) Triwulan I Tahun 2020. Kegiatan digelar di Aula Makodim Jalan Letjed Suprapto nomor 42 Pacitan.

Perwira yang pernah menjabat Danden 3 Grup D Paspampres itu menegaskan, untuk mencapai kondisi tersebut (kesiapan dan kemampuan SDM_red) diperlukan upaya Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial (Binsiap Apwil dan Puanter) yang dilaksanakan setiap triwulan dalam setiap tahun anggaran, khususnya bagi para Babinsa.

“Kegiatan ini (Binsiap Apwil Puanter) juga, dimaksudkan untuk meningkatkan kesiapan prajurit dalam pelaksanaan pembinaan dan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat,”tegasnya saat memberikan arahan dihadapan para Babinsa jajaran Kodim 0801, Kamis (13/02/2020).

Lebih lanjut Nuri mengatakan, para Babinsa tidak hanya sebatas memahami dan menguasai lima kemampuan teritorial, namun yang lebih penting mampu menerapkannya dalam pelaksanaan tugas pembinaan teritorial dalam rangka pembinaan wilayah.

“Pemahaman, penguasaan dan penerapan lima kemampuan teritorial ini, sesuatu yang absolut yang harus dilaksanakan para Babinsa,”ujar pria yang pernah menjadi Komandan Kontingen AARM ke 27 tahun 2017 tersebut.

Ditekankan juga oleh Dandim, Babinsa harus dikenal masyarakat, berintegrasi dan bersinergi dengan unsur Tiga Pilar Desa (Kades dan Bhabinkamtibmas) maupun komponen masyarakat lainnya yang ada di wilayah binaan.

Babinsa harus selalu hadir di tengah-tengah masyarakat dalam segala situasi dan kondisi, sehingga masyarakat dapat merasakan kehadiran atau peran negara.

 “Lakukan komunikasi dengan baik kepada masyarakat yang ada diwilayah sehingga kita bisa mengambil keterangan maupun informasi dari masyarakat, Untuk itu berbuatlah yang terbaik, tulus dan ikhlas untuk masyarakat, bangsa dan negara,” pungkasnya.

Dalam kegiatan Binsiap Apwil Puanter, para Babinsa dibekali materi Ilmu Teritorial serta materi pendukung diantaranya adat istiadat dan budaya masyarakat, perkembangan teknologi informasi, serta sejumlah materi lainnya sesuai situasi dan kondisi wilayah.(tyo)


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Online Support (Chat)

Yudi Pratama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Silahkan lakukan penilaian untuk informasi yang kami sajikan
  Sangat Baik
  Baik
  Cukup Baik
  Kurang
  Buruk

Komentar Terakhir

  • online pharmacy canada

    http://canadiantrustmedpharmacy.com/ ...

    View Article
  • Coquitlam SEO

    Thank you for every other fantastic post. Where else may just anyone get that type ...

    View Article
  • canadian online pharmacies

    http://canadianhealthypharmacyrx.com/ ...

    View Article
  • canadian online pharmacy

    http://canadianonlinepharmacyelite.com/ ...

    View Article