Kapolsek Makartijaya Berhasil Menangkap Bayumi di Bangka Barat

By Redaksi 05 Okt 2017, 06:33:33 WIBKriminal

Kapolsek Makartijaya Berhasil Menangkap Bayumi di Bangka Barat

Keterangan Gambar : By Ray


Intipos.com, Tempilang (Babel) - Perburuan satreskrim Polres Banyuasin terhadap tersangka Bayumi bin Nawi (33) yang sempat menjadi buronan asal Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan ini, akhirnya berhasil ditangkap aparat gabungan Polsek Makartijaya yang dikomandoi langsung oleh Kapolsek AKP Rudi Hartono di back up aparat kepolisian Polsek Tempilang Polda Babel. Penangkapan Bayumi buronan asal Kota Palembang tersebut dibenarkan langsung Kapolsek Tempilang Ipda Astrian Tomi saat dikonfirmasi harian ini, Rabu (4/10).

"Emang ada itu, tapi kami hanya memback up Polsek Makarti Jaya, kebetulan pelakunya lari di Kecamatan Tempilang dengan menyewakan rumah kontrakan di Desa Buyan Kelumbi, "ungkap Ipda Astrian Tomi mewakili Kapolres Babar AKBP Hendro Kusmayadi, S.IK.

Dikatakan Tomi yang akrab disapa penangkapan buronan asal Banyuasin Sumsel tersebut dilakukan pada Selasa (3/10) malam sekitar pukul 21.45 WIB. Penangkapan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolsek Makerti Jaya polres Banyuasin Polda Sumsel AKP Rudi Hartono didampingi anggota Unit Reskrim Polsek Makerti Jaya dan Polsek Tempilang. Selain itu, penangkapan burunan yang kabur di Desa Buyan Kelumbi pada Selasa (3/10) malam itu di saksikan pula Kepala Desa Buyan Kelumbi Arlan.

"Langsung pak Kapolsek Mekarti yang pimpin penangkapan, kami hanya memback up saja, tapi pada saat penangkapan semalam disaksikan pula pak Kades Buyan Kelumbi yang sebelumnya sudah dikoordinasikan dengan anggota Bhanbinkamtibmas Desa Buyan Kelumbi", imbuh Tomi.

Dari tangan pelaku Bayumi aparat mengamankan satu unit HP Merk Samsung Warna Hitam. Selanjutnya, pelaku digiring ke Polsek Tempilang untuk dilakukan pemeriksaan oleh Unit Reskrim Polsek Makerti Jaya Banyuasin Sumsel sebelum di bawa ke Makerti Jaya Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan.

"Pelaku sempat diamankan di Polsek kita (tempilang,red) dan di periksa oleh penyidik dari Polsek Makerti Jaya sebelum di bawa ke sana (makerti jaya,red)", ujar Astrian Tomi lagi.

Menurutnya, di Bangka Barat terdapat beberapa akses kemudahan bagi orang orang luar untuk datang atau masuk ke pulau Bangka. Hal ini dikarenakan letak geografis Bangka Barat yang menjadi pintu masuknya bagi orang-orang dari luar.

"Untuk itu, tidak menutup kemungkinan para pelaku kejahatan baik dari Palembang maupun wilayah sekitarnya masuk ke Babar terutama Kecamatan Tempilang. Karena ada beberapa akses yang mudah bagi mereka terutama jalur laut, jelasnya seraya menambahkan. "Oleh karena itu, kita himbau kepada seluruh warga di Kecamatan Tempilang untuk selalu waspada dan menghidupkan Pos Kamling yang ada. Selain itu, melaporkan apabila menemukan gerak-gerik yang mencurigakan kepada aparat kepolisian maupun aparat penegak hukum lainnya, "pungkas Ipda Astrian Tomi.

Kapolsek Makartijaya, AKP Rudi Hartono saat dikonfirmasi membenarkan melakukan penangkapan terhadap tersangka Ba ditempat persembunyiannya di Bangka Barat diwilayah hukum Polsek Tembilang.

"Berkat kerjasama dengan jajaran Polsek Tembilang akhirnya kami berhasil menangkap Ba dan kini masih dalam pengembangan kasusnya", jelasnya singkat.
(ray/waluyo)


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook