Palagan Tumpak Rinjing Sarana Mengenang Jasa Para Pahlawan

By Abdi Aryansyah 10 Nov 2019, 21:31:03 WIBPublik

Palagan Tumpak Rinjing Sarana Mengenang Jasa Para Pahlawan

Keterangan Gambar : Bupati Pacitan Menyerahkan tropy kepada para pemenang lomba


Intipos.com | Pacitan - Sebanyak 229 regu yang terdiri dari perwakilan pelajar, Dinas instasi dan masyarakat umum serta perorangan mengikuti event 2 tahunan yaitu Palagan Tumpak Rinjing yang di selengarakan dalam rangka Hari Pahlawan 10 November.

Kegiatan yang di mulai pada tanggal 8 November tersebut di lepas secara resmi oleh Bupati Pacitan, Usai penyerahah Hadiah dan tropy kepada para pemenang Indartato mengatakan Bahwa dengan peringatan Hari Pahlawan hendaknya menjadi sarana mengenang serta menghormati jasa para pahlawan yang berjuang untuk memerdekakan bangsa Indonesia ini.

“Kita hari ini ada karena hari kemarin, diharapkan para generasi muda harus memiliki semangat yang luar biasa, karena para pejuang dulu saat memerdekakan Negri ini memiliki semangat membara hingga kita bisa merasakan kemerdekaan hingga saat ini, dengan Palagan Tumpak Rinjing sebagai ajang mengenang dan menghargai jasa para pahlawan,” ujar Bupati usai memberikan tropy kepada para pemenang lomba gerak jalan, Minggu (10/11/2019). 

Sedangkan Ketua Dewan Harian Cabang (DHC) Badan Pembudayaan Kejuangan (BPK) 45 Imam Haryono menyebut, untuk tahun ini jumlah peserta mencapai 229 regu. Baik putra maupun putri dari berbagai kategori. Baik pelajar, umum, dan perseorangan. 

"Untuk jarak tahun ini berkurang menjadi 26 kilometer, biasanya pemberangkatan dimulai dari Titik 0 Km Pacitan, Jl Ahmad Yani. Selanjutnya peserta harus melewati tanjakan ekstrem di jalur Sedeng. Namun karena ada perbaikan di ruas Sedeng,rute kita rubah,"jelasnya.

Titik start berada di depan Kecamatan Pringkuku dan Finish di Nol Kilometer dan pengumuman serta penyerahan hadiah lombah di laksanakan pada Minggu 10 November 2019 usai pelaksanaan upacara Hari Pahlawan di halaman pendopo kabupaten. 

Palagan Tumpak Rinjing digelar untuk mengenang aksi heroik para pejuang kemerdekaan saat menghadang iring-iringan pasukan Belanda di daerah Tumpak Rinjing masuk Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku pada tahun 1949 silam. Dimana saat itu sebanyak 10 orang pejuang, baik tentara maupun masyarakat biasa gugur dalam pertempuran tersebut.(tyo)

Hasil Kejuaraan Lomba Gerak Jalan Palagan Tumpak Rinjing Tahun 2019

Kategori umum putra
Juara 1: Rutan Pacitan regu 1
Juara 2: CV Blumbang Sejati
Juara 3: Desa Arjowinangun
Juara Harapan: Saka Wirakarya Koramil 01 Pacitan

Kategori umum putri
Juara 1: Srikandi Areja
Juara 2: Srikandi Mahakarya
Juara 3: Saka Bhayangkara Poksek Kebonagung
Juara Harapan: PKK Nglumbu Sambong

Kategori Pelajar Putra
Juara 1: SMAN 1 Pacitan regu 2
Juara 2: SMAN Punung
Juara 3: MTSN 1 Pacitan
Juara Harapan: MAN Pacitan regu 2

Kategori Pelajar Putri
Juara 1: SMKN Ngadirojo
Juara 2: SMKN 1 Pacitan
Juara 3: SMKN 2 Pacitan
Juara Harapan: SMKN Kebonagung

Juara Umum: Rutan Pacitan Regu 1


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook