Simulasi Pemberdayaan Peran dan Kesiap Siagaan Satlinmas dan Masyarakat Digelar di Pacitan

By Amy 13 Sep 2019, 23:58:17 WIBPublik

Simulasi Pemberdayaan Peran dan Kesiap Siagaan Satlinmas dan Masyarakat Digelar di Pacitan

Keterangan Gambar : Adegan drama kolosal dalam Gladi Lapang atau Simulasi Pemberdayaan Peran dan Kesiap Siagaan Satlinmas dan Masyarakat dalam Menghadapi Bencana Gempa Bumi, Tanah Longsor dan Kebakaran


Intipos.com | Pacitan - Memasuki musim kemarau seperti saat ini sangatlah rawan akan bencana kebakaran baik lahan maupun perumahan, hal tersebut bisa menimbulkan kerugian baik materil dan personel, selain itu juga saat memasuki musim hujan bahaya tanah longsor mengintai warga masyarakat yang berada di lereng bukit.

Seperti halnya tadi, puluhan anggota Satlinmas, TNI, Polri, BPBD dan masyarakat dikejutkan dengan adanya kebakaran lahan dan rumah sehingga menerjunkan dua unit pemadam kebakaran Satpol PP untuk memadamkannya. Beruntung semua bisa diatasi dengan cepat sehingga tidak menimbulkaan korban jiwa.

Itulah sekelumit adegan drama kolosal dalam gladi lapang atau simulasi pemberdayaan peran dan kesiap siagaan Satlinmas dan Masyarakat dalam menghadapi bencana gempa bumi, tanah longsor dan kebakaran, kegiatan yang diselenggarakan oleh Satpol PP Provinsi Jatim bekerja sama dengan Pemda Kabupaten Pacitan tersebut diikuti sekitar 500 orang.

Kasatpol PP Provinsi Jawa Timur Drs. Budi Santosa dalam sambutannya mengatakan, simulasi yang dilaksanakan dalam rangka  kesiap siagaan Satlinmas dalam menghadapi bencana gempa bumi, tanah longsor dan kebakaran. 

Seperti tiga bulan yang lalu dari BNPT telah bertemu dengan Gubernur bahwa Satpol PP dan Linmas juga  jajaran samping khususnya kepolisian mendapat tugas tambahan selain siaga bencana juga antisipasi bahaya narkoba yang sudah masuk dan meluas ke wilayah Indonesia dan semua unsur harus turut serta memberantas peredaran dilingkungan masing-masing. 

"Perlu di ketahui bahwa bencana alam gempa bumi Indonesia masuk lempeng tektonik, dan 80 % lempengan tersebut ada di Indonesia, sementara untuk jatim daerah rawan bencana ada di Kabupaten Pacitan. Inilah salah satu alasan kenapa kegiatan simulasi pemberdayaan dan kesiap siagaan satuan linmas dan masyarakat dalam penanganan menghadapi bencana gempa bumi, tanah longsor dan kebakaran di laksanakan di sini," ujarnya saat memberikan sambutan pada Simulasi yang digelar di Lapangan Peta Makodim 0801 Pacitan, Jumat (13/9/2019).

Sementara itu Bupati Pacitan Indartato mengucapkan terimakasih kepada Satpol PP Provinsi Jawa Timur yang menggelar simulasi pemberdayaan peran dan kesiap siagaan Satlinmas dan Masyarakat dalam menghadapi bencana gempa bumi, yanah longsor dan kebakaran, karena Kabupaten Pacitan hingga saat ini sangat rawan akan bencana, di musim kemarau bencana kebakaran dan kekeringan yang saat ini telah menjadi atensi Pemkab, harapannya bisa secepat turun hujan sehingga kekeringan yang nelanda cepat berlalu.

"Pemkab Pacitan masih mempunyai tanggung jawab yang berat, salah satunya dihadapkan membangun kesadaran warga agar menjaga lingkungan serta selalu waspada terhadap segala kemungkinan bencana yang melanda, semoga dengan diadakan simulasi pemberdayaan peran dalam kesiap siagaan satuan linmas dan masyarakat bisa menumbuhkan kesadaran dan kesiap siagaan semua lapisan masyarakat," jelas orang nomor satu di lingkup pemkab Pacitan tersebut.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Pacitan Dr H Indartato MM Kasatpol PP Provinsi Jatim Drs Budi Santosa, Sekda Suko Wiyono, Dandim 0801 Letkol Kav Aristoteles HN Lawitang, Kapolres Pacitan AKBP Sugandi, Kepala OPD, Kasatpol PP Kabupaten/Kota se - Jatim, anggota TNI-Polri, Satlinmas se Kabupaten Pacitan.(tyo)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook