Selain Gapoktan Dan Koprasi, Akses Jalan Penghubung Prioritas Utama Bagi Masyarakat

By Ebi Pada : 13 Feb 2019, 19:08:54 WIB, - Kategori : Pertania Selain Gapoktan Dan Koprasi, Akses Jalan Penghubung Prioritas Utama Bagi Masyarakat

INTIPOS.COM | PACITAN -  - Kecamatan Bandar yang keberadaannya pada ketinggian pegunungan, Maka potensi yang didapatkan adalah dari hasil pertanian, perkebunan serta perdagangan. Kebun-kebun cabe, sayuran serta kebun cengkeh banyak ditemukan didaerah dengan tingkat semangat perekonomian warga yang cukup tinggi ini.

Komoditas cabai dan janggelan di wilayah utara Kabupaten Pacitan, Menjadi kebanggaan tersendiri sebagai penopang perekonomian masyarakat. Karenanya, pemerintah daerah dengan kekuatan anggaran yang ada, berupaya menyokong kemajuannya 

“Utamanya cabe dan janggelan yang merupakan komoditi andalan di Kecamatan Bandar ini perlu kita perhatikan dan di dorong untuk kesejahteraan masyarakat setempat,”ujar Bupati Indartato saat melakukan kegiatan Tilik Warga ke lima desa di Kecamatan Bandar, Senin (11/2/2019) kemarin.

Bupati menjelaskan, Bahwa sokongan tersebut berupa pembangunan akses. Baik pertanian maupun sarana jalan penghubung antar kecamatan yang menuju pusat-pusat perekonomian. 

Seperti jalan-jalan desa dan penghubung antar kecamatan perlu di prioritaskan, karena itu merupakan akses penunjang perekonomian masyarakat, Namun karena kendala jumlah anggaran yang terbats, Maka pembangunan maupun perbaikan di laksanakan secara bertahap.

"Kita akan prioritaskan akses jalan penghubung antar desa dan Kecamatan, Karena Kecamatan bandar yang berbatasan dengan Kabupaten Ponorogo dan provinsi Jawa Tengah akan maju perekonomiannya jika semua akses jalan nya baik,"jelasnya. 

Lebih lanjut Indartato menambahkan, Sektor pertanian di wilayah Bandar berkembang cukup baik karena berbagai faktor. Diantaranya ketersediaan air, kondisi tanah, dan ketinggian. Tetapi masih ada kendala yang dihadapi para petani. Yakni merosotnya harga saat musim panen tiba. Terkait hal tersebut, ia menyarankan agar membentuk koperasi.

"Karena Koprasi memiliki peran dan manfaat yang luar biasa pentingnya bagi pembangunan desa khususnya dalam bidang perekonomian. Sektor pertanian terus didorong agar lebih produkif serta mampu swasembada. Begitu pun dengan sektor-sektor lainnya seperti peternakan, perikanan, perdagangan, dan sebagainya. Koprasi juga memiliki peran krusial bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat desa,"tandasnya.

Pada kesempatan tersebut Bupati bersama para kepala OPD menyerahkan bantuan bagi warga kurang mampu, Alat Peraga Edukatif (APE) untuk sekolah TK dan PAUD, Perangkat Komputer serta ratusan sak semen,peralatan kerja kepada Lima desa yang dikunjungi yakni Desa Watupatok, Bangunsari, Bandar, Tumpuk, dan Desa Jeruk.(tyo)